CDATA ZONE DOCTOR; Information Center Of Health,Medical Device,Business News; an effort to prevent DISEASE: Terkini di Indonesia, Alat Suntik (Injeksi) Tanpa Jarum (needle free injector) yang mudah penggunaan dan tanpa rasa sakit untuk Tindakan penyuntikan ( termasuk cairan obat VAKSIN ) dengan harga terjangkau (relatif murah) dan produk free needle injector yang sudah memiliki Ijin Edar Alkes Kemenkes RI ( AKL_20902818911 )
HOME CONTACT US PROFILE JONADOCTOR_ COPYRIGHT 2008 - 2024

Translate This Page !



English French German Spain Italian Dutch


Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

-

Translate This Page ! ( please click the flag image above ) (blog.ahmadrifai).

SEMOGA PROSES KAMPANYE & PEMILU 2024 DI REPUBLIK INDONESIA DIBERI LANCAR DAN SUKSES

SEMOGA PROSES KAMPANYE & PEMILU 2024 DI REPUBLIK INDONESIA DIBERI LANCAR DAN SUKSES
2024, 14 Februari , JANGAN GOLPUT, Mari ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) agar terpilih pemimpin dan pemangku jabatan Indonesia yang "Adil, Amanah, membawa perubahan lebih baik sehingga Makmur Untuk Semua Rakyat" ( KLIK LINK/ LAMAN DI GAMBAR )

Rabu, 08 Maret 2017

Terkini di Indonesia, Alat Suntik (Injeksi) Tanpa Jarum (needle free injector) yang mudah penggunaan dan tanpa rasa sakit untuk Tindakan penyuntikan ( termasuk cairan obat VAKSIN ) dengan harga terjangkau (relatif murah) dan produk free needle injector yang sudah memiliki Ijin Edar Alkes Kemenkes RI ( AKL_20902818911 )

Edit terakhir : 9  Januari 2022, 12:14 GMT+7 Bangkok

analogi injeksi tanpa jarum jonadoctor
Analogi Injeksi tanpa jarum

Di dalam dunia Kedokteran dan Kesehatan, tindakan injeksi atau penyuntikan sudah bukan hal yang asing didengar.  Dahulu, Istilah Menyuntikkan obat merupakan prosedur invasif yang mencakup memasukkan obat melalui jarum steril  yang dimasukkan ke dalam jaringan tubuh.  Ada beragam metode dalam menyuntikkan obat ke dalam tubuh manusia, antara lain ; subkutan, intrakutan, intra muskular dan intravena.  Beragam metode ini didasarkan pada keragaman karakteristik anatomi jaringan tubuh manusia dan keragaman volume sediaan obat injeksi yang berpengaruh pada kecepatan penyerapan obat dan awitan kerja obat. 

Tindakan Injeksi yang merupakan prosedur invasive, bisa membuat pasien kurang nyaman. Perawatan harus dilakukan untuk mengurangi ketidaknyamanan seseorang yang harus bertahan saat menerima jenis injeksi tersebut. Dalam tulisan kami sebelumnya, sudah dibahas “Ada sejumlah cara untuk mengelola suntikan Intra Muskular menjadi sedikit tidak menyakitkan”.


Namun, seiring perkembangan waktu, bersamaan dengan peningkatan harapan hidup yang nyaman serta berkualitas di Dunia. Maka kebanyakan orang lebih memilih tindakan kedokteran yang “minimally Invasif”. Banyak ditemukan masalah yang ditimbulkan dari pemakaian Spuit Injeksi dengan Jarum bagi pasien. Masalah tersebut antara lain :

  • Needle Phobia . Fobia jarum (takut akan jarum) mempengaruhi lebih dari 10 persen dari Populasi.
  •  Expose of Infection. Ada ketakutan tersendiri dari pasien, dimana spuit injeksi dengan jarum yang pernah digunakan pada pasien lain, di daur ulang dan digunakan lagi, sehingga merasa pasien akan berada dalam paparan Infeksi. 
  • Risk Of Accident. Kemungkinan bahwa injeksi yang tak diharapkan dapat terjadi.
  • Environment Problem. Pencemaran lingkungan dengan menggunakan jarum suntik jarum sekali pakai.
  • Danger of Lipodystrophy. Suntikan insulin dengan jarum bisa menyebabkan lipodistrofi.

Oleh karena itu diperlukan Alat suntik tanpa jarum yang diharapkan bisa mengurangi masalah masalah Penggunaan Spuit Injeksi dengan Jarum. Kehadiran Alat suntik / Injeksi Tanpa Jarum ini diharapkan juga dapat membantu agar pasien lebih patuh terhadap pengobatan karena kebanyakan pasien berusaha menghindari jarum suntik.

Sejak Tahun 1936 Para peneliti dari beberapa negara maju berusaha mengembangkan teknologi baru yang mampu mengantarkan obat seperti tanpa jarum mulai dari yang sederhana. Semakin bertambah tahun, ditemukan perkembangan alat injeksi bebas / tanpa jarum yang semakin kompleks dan canggih.

Hingga, Pada akhirnya di tahun 1975-1999, dilakukan pengembangan sistem injeksi bebas jarum yang mudah pemakaiannya. Untuk Negara Indonesia, Produk Alat Suntik /Injeksi Tanpa Jarum mulai beredar sejak  Tahun 1999. Dahulu masih langka pemakaian Alat suntik /Injeksi Tanpa jarum, karena harga produk yang relatif mahal dan kebutuhan masyarakat Indonesia akan alat suntik tanpa jarum belum begitu tinggi. Namun, seiring berkembangnya waktu, jenis penyakit yang memerlukan injeksi obat secara rutin semakin meningkat angka kejadiannya. Jumlah pasien yang mengalami penyakit kronis dan butuh menyuntikkan obat secara rutin juga meningkat, contohnya Diabetes Melitus.  Sehingga diperlukan produk alat Injeksi Tanpa Jarum yang harganya relatif terjangkau dan lebih mudah digunakan secara aman dan nyaman.
perbandingan injeksi konvensional dengan bebas jarum
Perbandingan injeksi konvensional dengan bebas jarum

Sejak tahun 2010 hingga Saat ini, di Indonesia, ada salah satu contoh produk Alat suntik / Injeksi Tanpa Jarum yang harganya relatif terjangkau dan bisa dibilang lebih murah dari kebanyakan produk  lainnya, yaitu Comfort In.  Comfort In merupakan alat dengan sistem Injeksi Tanpa Jarum (Needle-Free Injection System), yang mampu menyalurkan obat cair dalam kecepatan tinggi, menghasilkan sebuah “jet cairan” yang berpenetrasi ke dalam kulit , memberikan pengobatan melalui kulit dalam waktu kurang dari 1/3 detik dengan tekanan 3900 psi.
Perbandingan penetrasi injeksi
Perbandingan penetrasi injeksi


Dalam setiap pembelian produk baru comfort in, akan dilengkapi dengan beberapa komponen seperti : Pressure leveler, Vial adapter, Nozzle  /Nosel (ampul). Sedangkan untuk aplikasi penyuntikan anestesi pada tindakan dental (gigi), ada komponen tambahan seperti ; nozzle cap, cartridge adapter dengan dental syringe. Serta ada komponen Cartridge adapter untuk Insulin cartridge dan Luer adaptor untuk menarik obat cair dari berbagai ampul kaca atau beragam vial yang sudah pernah kontak dengan Jarum Suntik sekali pakai (Disposable syringe needle). Produk Comfort In termasuk istimewa karena memang memiliki beberapa manfaat dan memberi banyak keuntungan antara lain ;
  • Bebas / Tanpa Jarum
  • Pemberian pengobatan yang hampir tanpa rasa sakit
  • Bisa melakukan injeksi subkutan beragam obat cair
  • Nyaman untuk pemberian dosis yang bervariasi sampai 50 unit/0,5 mL
  • Penggunaan yang mudah dan aman, serta efeknya cepat
  • Tidak ada resiko cedera akibat jarum suntik
  • Meng-eliminasi Kontaminasi silang
  • Mengurangi biaya pembuangan sampah
  • Alat yang berbahan Kompak dan dapat digunakan di mana saja
  • Mudah dioperasikan oleh siapa saja dengan latihan sederhana
  • Umur alat bisa panjang dimana minimal bisa dipakai hingga 10.000 suntikan, tentunya bila dilakukan perawatan secara benar.



A. Berikut beberapa contoh penggunaan Comfort In untuk pelayanan kesehatan.

daftar kegunaan injektor bebas jarum di kesehatan jonadoctor
Daftar kegunaan injektor tanpa jarum di kesehatan


contoh pemakaian injektor bebas jarum di kedokteran gigi jonadoctor
Contoh pemakaian injektor tanpa jarum di Kedokteran gigi

B. Sistem Injeksi Tanpa/Bebas Jarum dan Proses Uji Klinis Vaksin atau kandidat Vaksin COVID 19
 
Mulai Awal Oktober 2020, Sudah berjalan proses Uji Klinis ( Clinical Trial) di beberapa negara maju, Sistem injeksi tanpa jarum ( needle free jet injector ) yang akan memfasilitasi pengiriman cairan obat vaksin untuk melawan SARS-CoV-2 ( virus penyebab pandemi COVID 19 ). 

Review ( Tinjauan ) Uji Coba Vaksin COVID 19 di ClinicalTrials.gov menunjukkan bahwa, untuk 17 sampel penelitian , metode pemberian dikutip berikut :
- Injeksi Intramuskukar ( 9 studi)
Injeksi  intradermal ( 2 studi )
- Injeksi Subkutan ( 2 studi )
- Elektropolasi melalui Cellectra 2000 ( 1 studi  [INO-4800] )
- Infus IV ( 1 studi )
- Tidak dikutip ( 2 studi  )

Sementara, menurut Laporan The Lancet, sudah ada 10 kandidat vaksin SARS Cov 2 ( COVID 19 ) dalam uji klinis per Juni 2020, antara lain ;
  • Vaksin span mRNA ( mRNA-1273 ( Moderna dan NIAD ) dan BNT162 ( BioNTech dan Pfizer ), dengan mekanisme vaksin RNA, diberikan dalam 2 dosis pada hari ke 0 dan ke 28.
  • Vaksin DNA ( INO-4800 Inovio Pharmaceuticals ), 
  • Virus inactive / tidak aktif ( Wuhan Institute Of Biological Products and Sinopharm ), dengan mekanisme virus yang di inaktifkan, diberikan dalam 2 dosis pada hari ke 0 dan ke 21.
  • Subunit  protein ( NVX-CoV2373 (Novavax)) , diberikan dalam 2 dosis pada hari ke 0 dan ke 28
  • dan vaksin Adenovirus (AZD1222 dari Universitas Oxford dan Astra Zeneca), dengan mekanisme non replikasi viral vektor , diberikan dalam 1 dosis.

Jelas bahwa keputusan untuk mengadopsi teknologi tanpa jarum adalah keputusan yang penting dan bukannya tanpa risiko. Selain risiko pengembangan dan penskalaan (berlaku untuk teknologi medis baru apa pun) ada juga pertanyaan apakah semua vaksin benar-benar sesuai dengan efisiensi pengiriman intradermal.


Perbandingan distribusi cairan obat dengan needle free injector yang lebih efektif daripada jarum konvensional 

Dalam hal pengembangan dan penskalaan teknis, Tim, dalam lebih dari 30 tahun, telah menyelidiki platform alat suntik bebas /tanpa jarum dan melihat hasil klinis yang menggembirakan, serta persetujuan yang diperoleh. Dengan investasi yang cukup, sangat mungkin untuk menskalakan teknologi agar siap untuk mengirimkan vaksin baru dalam skala besar. Tantangan utamanya adalah ketersediaan sistem pengisian skala besar dan tentunya pasokan kartrid vaksin khusus. Sangat mungkin bahwa sistem pengisian yang ada dan tersedia semuanya akan dikonfigurasi untuk mengisi jarum suntik atau botol 'standar' yang dapat diisi ulang. Diperlukan waktu 18 bulan dan investasi yang signifikan untuk menyiapkan produksi volume tinggi dan kapasitas pengisian untuk kapsul bebas /tanpa jarum, tetapi ini masih sepadan dengan 18 bulan yang menurut para ahli vaksin kemungkinan besar untuk vaksin COVID 19 untuk dikembangkan.

Dalam hal kemanjuran vaksin di bawah pemberian intradermal, buletin WHO dari 2011 menyatakan bahwa “Vaksin yang dilemahkan hidup telah berhasil dikirimkan secara intradermal dan harus menjadi kandidat yang baik asalkan formulasi yang sesuai dapat dikembangkan. Dosis yang dikurangi dari vaksin whole-virion yang dilemahkan juga menunjukkan imunogenisitas yang memuaskan ketika diberikan secara intradermal. Vaksin influenza virion utuh yang dilemahkan mungkin juga cocok karena memiliki urutan stimulasi kekebalan intrinsik, yang mungkin menghindari kebutuhan tambahan adjuvan ” . Dengan investasi yang tepat waktu, sistem tanpa jarum bervolume rendah dapat dikembangkan lebih cepat bagi para peneliti untuk digunakan dalam uji coba vaksin, memungkinkan kemanjuran vaksin dengan pengiriman tanpa jarum intradermal dapat didemonstrasikan sejak awal.

Jenis produk vaksin yang sudah dan sedang menjalani Uji Klinis menurut data WHO per 29 Desember 2020
Jenis produk vaksin yang sudah dan sedang menjalani Uji Klinis menurut data WHO per 29 Desember 2020



Pemerintah, lembaga internasional, dan perusahaan teknologi telah menginvestasikan sejumlah besar uang untuk program pengembangan vaksin dan sistem pengiriman terkait. Dengan koordinasi yang memadai di seluruh pemangku kepentingan, sistem pengiriman vaksin yang andal, bebas /tanpa jarum, dan efisien dosis merupakan konsep yang sangat layak yang harus dipertimbangkan.

Terkhusus di Negara tercinta kita, Indonesia, dalam rangka pelaksanaan vaksinasi Coid-19, Menteri Kesehatan RI menetapkan jenis vaksin, dengan memperhatikan pertimbangan Komite Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan Pemulihan Ekonomi Nasional. Penetapan ini tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.01.07/MENKES/9860/2020 Tentang Penetapan Jenis Vaksin Untuk Pelaksanaan Vaksinasi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Adapun point dari Keputusan Menteri Kesehatan ini adalah :

  • Penggunaan vaksin dalam pelaksanaan vaksinasi hanya dapat dilakukan setelah mendapat izin edar atau persetujuan penggunaan pada masa darurat dari BPOM.
  • Menteri Kesehatan dapat melakukan perubahan jenis vaksin Covid-19.
  • Pengadaan vaksin untuk kebutuhan pelaksanaan vaksinasi program dilakukan oleh menteri kesehatan.
  • Pengadaan vaksin untuk kebutuhan pelaksanaan vaksinasi mandiri dilakukan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara.
  • Keputusan ini berlaku mulai tanggal 3 Desember 2020.

Jenis 7 Produk Vaksin Yang disetujui kemenkes RI untuk vaksinasi covid 19 di Indonesia, needle free injector, suntik vaksin covid 19
Jenis 7 Produk Vaksin Yang disetujui kemenkes RI untuk vaksinasi covid 19 di Indonesia

  • Jenis vaksin Covid-19 yang dapat digunakan untuk pelaksanaan vaksinasi di Indonesia, antara lain :


1. Vaksin Merah Putih. 
Vaksin Merah Putih merupakan hasil kerja sama antara BUMN PT Bio Farma (Persero) dan Lembaga Eijkman Institute. Pemerintah berharap vaksin Merah Putih dapat selesai pada akhir 2021. 

. 2. AstraZeneca.
 Uji coba yang dilakukan AstraZeneca dan Universitas Oxford menunjukkan vaksin virus corona produksinya memiliki keefektifan rata-rata 70 persen. Saat ini uji coba pada 20.000 sukarelawan masih berlanjut. Vaksin AstraZeneca dianggap mudah didistribusikan karena tidak perlu disimpan pada suhu yang sangat dingin. 

 3. China National Pharmaceutical Group Corporation (Sinopharm). 
 Meski pengujian tahap akhir belum selesai, namun di China, kurang lebih satu juta orang telah disuntik menggunakan vaksin ini di bawah izin penggunaan darurat. Sebelum vaksin Sinopharm terbukti berhasil seluruhnya, vaksin hanya digunakan pada pejabat China, pelajar, dan pekerja yang bepergian. Pada September 2020, Uni Emirat Arab menjadi negara pertama di luar China yang menyetujui penggunaan vaksin ini. 

 4. Moderna.
 Moderna mengklaim vaksin produksinya memiliki efektivitas sebesar 94,5 persen. Pada akhir November lalu Moderna mengaku telah mengajukan izin penggunaan darurat untuk vaksin Covid-19 kepada regulator Amerika Serikat dan Eropa. Moderna meyakini vaksin buatannya telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan BPOM AS (FDA) untuk penggunaan darurat. 

 5. Pfizer Inc and BioNTech. 
Vaksin yang diproduksi Pfizer dan BioNTech telah mengajukan penggunaan darurat vaksin virus corona yang diproduksinya ke BPOM AS dan Eropa. Pada uji coba terakhir, 18 November 2020, mereka mengklaim 95 persen vaksinya efektif menangkal virus corona dan tidak menimbulkan risiko masalah keamanan. 

6. Novavax.
Merupakan Vaksin buatan Negara Kanada, dengan nama NVX-CoV2373. Rencana pembeliannya, sebanyak 50 Juta Dosis. Diproduksi oleh Perusahaan bioteknologi asal Maryland,  Amerika Serikat. Ditargetkan selesai pada Kuartal III hingga IV pada 2021.

 7. Sinovac Biotech Ltd. 
CoronaVac saat ini memasuki uji coba fase 3. Sinovac melakukan uji coba terhadap vaksin buatannya di Brasil, Indonesia, hingga Bangladesh. Hasil awal, sebagaimana yang terbit di Science, pada monyet menunjukkan vaksin menghasilkan antibodi yang menetralkan 10 galur Sars-coV-2. PT Bio Farma juga menjalin kerja sama dengan perusahaan vaksin asal China, Sinovac Biotech ini.



EUA ( emergency use Authorization ), persetujuan pemakaian dalam kondisi darurat Coronovac ( produksi sinovac biotech ) oleh BPOM RI untuk vaksinasi covid 19 di Indonesia, needle free injector, suntik vaksin covid 19
EUA ( emergency use Authorization ), persetujuan pemakaian dalam kondisi darurat Coronovac ( produksi sinovac biotech ) oleh BPOM RI untuk vaksinasi covid 19 di Indonesia.


Pada tanggal 11 Januari 2021, Badan POM memberikan persetujuan penggunaan Vaksin CoronaVac sebagai vaksin COVID-19 yang pertama disetujui pemberiannya dalam kondisi emergensi (Emergency Use Authorization) di Indonesia. Hal ini berdasarkan data yang telah ada serta mengacu pada panduan dari WHO dalam pemberian persetujuan EUA untuk vaksin COVID-19 (Considerations for Evaluation of COVID-19 Vaccines), yaitu memiliki minimal data hasil pemantauan keamanan dan khasiat/efikasi selama 3 bulan pada uji klinik fase 3, dengan efikasi vaksin minimal 50%.  Namun meskipun demikian, protokol kesehatan tetap harus dilaksanakan sebagai upaya preventif COVID-19.

Yang terbaru, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Juga menyetujui ajuan PT Bio Farma untuk menambahan indikasi untuk populasi lansia (60 tahun ke atas) dengan interval penyuntikan 0 dan 28 hari dan alternatif interval penyuntikan 0 dan 28 hari untuk populasi dewasa (18-59 tahun). 

Hal ini terungkap dalam surat BPOM nomor T-RG.01.03.32.322.02.21.00605/NE tertanggal 5 Februari 2021 terkait perubahan obat CoronaVac. Dalam suratnya tertulis, dengan mempertimbangkan keadaan emergensi wabah pandemi COVID-19 dan terbatasnya bukti kemanfaatan dan keamanan vaksin tersebut di atas untuk pencegahan COVID-19, maka Badan POM memberikan persetujuan penambahan indikasi dan posologi vaksin CoronaVac untuk penggunaan emergensi (Emergency Use Authorization) terbatas pada kondisi wabah pandemi dengan ketentuan sebagai berikut: 
  •  Melakukan studi klinik pasca persetujuan untuk memastikan efektivitas vaksin CoronaVac untuk pencegahan COVID-19. 
  •  Badan POM berhak untuk meninjau/mengevaluasi kembali aspek khasiat dan keamanan vaksin CoronaVac apabila ditemukan bukti baru terkait khasiat dan keamanan. 
  •  Wajib melakukan pemantauan farmakovigilans dan pelaporan efek samping obat ke Badan POM. 
 Keputusan ini dirilis BPOM setelah perusahaan Sinovac merilis data interim uji klinis tahap-I dan tahap-II pada orang dewasa sehat berusia 60 tahun ke atas yang menunjukkan vaksin akan aman dan stabil pada orang dewasa yang lebih tua pada hari Kamis kemarin. Uji klinis Fase-I dan Fase-II oleh Sinovac telah melibatkan 422 orang dewasa berusia 60 tahun ke atas di kota Renqiu, Provinsi Hebei China Utara antara Mei dan Juni 2020 dan telah diterbitkan di The Lancet pada 1 Februari 2021.

Rekomendasi penggunaan darurat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) / ( EUL / Emergency  Use Listing ) vaksin COVID-19 produksi Sinovac pada 6 vaksin COVID-19; Coronovac/ sinovac, Pfizer/BioNTech, Astrazeneca (produksi SK Bio,Serum Institute of India, dan EU),Johnson & Johnson, Moderna, dan Sinopharm ; by Jonadoctor Health and Business.


Yang terbaru, Pada 1 Juni 2021, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyetujui penggunaan darurat ( EUL / Emergency  Use Listing ) vaksin COVID-19 produksi Sinovac atau yang juga disebut CoronaVac. Sebelumnya WHO sudah merekomendasikan penggunaan darurat juga pada 5 vaksin COVID-19 lainnya, yakni ;
  • Pfizer/BioNTech, 
  • Astrazeneca (produksi SK Bio, Serum Institute of India, dan EU),
  • Johnson & Johnson, 
  • Moderna, dan 
  • Sinopharm.
Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengeluarkan izin penggunaan darurat (EUA) untuk vaksin COVID-19 produksi Sinovac bekerjasama dengan PT Bio Farma.  Vaksin COVID-19 tersebut dinyatakan aman digunakan anak usia 12-17 tahun, sehingga vaksinasi untuk anak-anak usia tersebut bisa segera dimulai.
Badan Pengawas Obat dan Makanan ( BPOM ), telah mengeluarkan izin penggunaan darurat ( EUA ) untuk vaksin COVID-19 produksi SINOVAC bekerjasama dengan PT Bio Farma. Vaksin COVID-19 tersebut dinyatakan aman digunakan anak usia 12-17 tahun, sehingga vaksinasi untuk anak-anak usia tersebut bisa segera dimulai.
 
Terkini, data vaksinasi covid-19 di WHO SEARO ( WHO Regional Office for South-East Asia ),terutama negara Indonesia adalah sebagai berikut ;




  • Country : Indonesia
  • Total Population : 272,248,454
  • Total doses administered : 184,300,700
  • Individuals vaccinated with one dose : 114,843,810
  • Individuals fully vaccinated : 69,456,890
  • First dose administered per 100 population : 42.18
  • Fully vaccinated individuals per 100 population : 25.51
  • Data as of 26-Oct-21
Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) Amerika Serikat (AS) mengizinkan penggunaan darurat Vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech untuk pencegahan COVID-19 untuk mencakup anak-anak berusia 5 hingga 11 tahun pada tanggal 29/10/2021.

Otorisasi tersebut didasarkan pada evaluasi data yang menyeluruh dan transparan dari FDA yang mencakup masukan dari para ahli komite penasihat independen yang sangat mendukung penyediaan vaksin untuk anak-anak dalam kelompok usia ini.

Sementara Efektivitas Vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech terhadap respon imun anak-anak usia 5 sampai 11 tahun sebanding dengan mereka yang berusia 16 sampai 25 tahun. Selain itu, vaksin tersebut terbukti 90,7% efektif dalam mencegah COVID-19 pada anak-anak 5 hingga 11. 
Sedangkan, Keamanan vaksin dipelajari pada sekitar 3.100 anak usia 5 hingga 11 tahun yang menerima vaksin dan tidak ada efek samping serius yang terdeteksi dalam studi yang sedang berlangsung. 
Pemberian Vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech untuk anak-anak berusia 5 hingga 11 tahun diberikan sebagai seri utama dua (2) dosis, dengan interval 3 minggu, tetapi dosisnya lebih rendah (10 mikrogram) daripada yang digunakan untuk individu berusia 12 tahun ke atas (30 mikrogram).

Di AS, kasus COVID-19 pada anak-anak berusia 5 hingga 11 tahun merupakan 39% kasus pada individu yang berusia di bawah 18 tahun. Menurut CDC, sekitar 8.300 kasus COVID-19 pada anak-anak berusia 5 hingga 11 tahun mengakibatkan rawat inap. Pada 17 Oktober, 691 kematian akibat COVID-19 telah dilaporkan di AS pada individu yang berusia kurang dari 18 tahun, dengan 146 kematian pada kelompok usia 5 hingga 11 tahun.


Evaluasi FDA dari Data Efektivitas yang Tersedia.
Data efektivitas untuk mendukung EUA pada anak-anak hingga usia 5 tahun didasarkan pada studi terkontrol plasebo acak yang sedang berlangsung yang telah mendaftarkan sekitar 4.700 anak-anak berusia 5 hingga 11 tahun. Penelitian ini sedang dilakukan di AS, Finlandia, Polandia dan Spanyol. Anak-anak dalam kelompok vaksin menerima dua dosis Vaksin Pfizer-BioNTech COVID-19 yang mengandung 10 mikrogram messenger RNA per dosis.

FDA menganalisis data yang membandingkan respons imun 264 peserta dari penelitian ini dengan 253 peserta berusia 16 hingga 25 tahun yang memiliki dua dosis vaksin lebih tinggi dalam penelitian sebelumnya yang menentukan vaksin tersebut efektif dalam mencegah COVID-19. Respon imun dari peserta usia yang lebih muda sebanding dengan peserta yang lebih tua.

FDA juga melakukan analisis awal kasus COVID-19 yang terjadi tujuh hari setelah dosis kedua. Dalam analisis ini, di antara peserta tanpa bukti infeksi sebelumnya dengan SARS-CoV-2, 3 kasus COVID-19 terjadi di antara 1.305 penerima vaksin dan 16 kasus COVID-19 terjadi di antara 663 penerima plasebo; vaksin itu 90,7% efektif dalam mencegah COVID-19.

Evaluasi FDA dari Data Keamanan yang Tersedia : 
Data keamanan yang tersedia untuk mendukung EUA mencakup lebih dari 4.600 peserta (3.100 vaksin, 1.538 plasebo) usia 5 hingga 11 tahun yang terdaftar dalam studi yang sedang berlangsung. Dalam uji coba ini, total 1.444 penerima vaksin diikuti untuk keamanan setidaknya selama 2 bulan setelah dosis kedua.

Efek samping yang umum dilaporkan dalam uji klinis termasuk nyeri tempat suntikan (lengan sakit), kemerahan dan bengkak, kelelahan, sakit kepala, nyeri otot dan/atau sendi, menggigil, demam, pembengkakan kelenjar getah bening, mual dan nafsu makan berkurang. Lebih banyak anak melaporkan efek samping setelah dosis kedua daripada setelah dosis pertama. Efek samping umumnya ringan hingga sedang dalam tingkat keparahan dan terjadi dalam dua hari setelah vaksinasi, dan sebagian besar hilang dalam satu hingga dua hari.


Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI menyetujui penggunaan Vaksin Sinovac (Vaksin Coronavac produksi Sinovac Life Science Co., Ltd China dan Vaksin COVID-19 PT Bio Farma) untuk anak usia 6-11 jonadoctor health and business
Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI menyetujui penggunaan Vaksin Sinovac (Vaksin Coronavac produksi Sinovac Life Science Co., Ltd China dan Vaksin COVID-19 PT Bio Farma) untuk anak usia 6-11 


Sementara di Negara tercinta kita, Republik Indonesia, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI menyetujui penggunaan Vaksin Sinovac (Vaksin Coronavac produksi Sinovac Life Science Co., Ltd China dan Vaksin COVID-19 PT Bio Farma) untuk anak usia 6-11 tahun pada tanggal 1/11/2021.

Kepala BPOM, Penny K. Lukito menilai saat ini pembelajaran tatap muka (PTM) di beberapa daerah juga sudah dilaksanakan. Hal inilah yang menjadi dasar prioritas dan urgensi anak usia 6-11 tahun untuk segera diberikan vaksinasi. Serta, Berdasarkan hasil studi klinik fase I/II dan fase IIb, dari aspek imunogenisitas dan keamanan, penggunaan Vaksin Sinovac pada usia 6-11 tahun dengan dosis medium (600 SU) dapat diterima".
“Jadi kita tetap harus menggulirkan vaksin Covid-19 ini penting. Anak-anak menjadi penting. Usia 6-11 tahun sudah bisa dilakukan. Untuk usia di bawah 6 tahun masih terus kami usahakan karena usia ini butuh perlakuan khusus,” jelas Penny Lukito.

Juga tidak kalah penting, kita wajib mendukung program vaksinasi covid -19 yang sudah dilaksanakan oleh pemerintah agar cepat memenuhi target standard WHO sehingga Kekebalan kelompok / Herd Immnunity juga lebih cepat tercapai. Meskipun ada sebagian masyarakat memiliki penyakit penyerta, lebih baik tetap berkonsultasi dengan dokter agar tetap bisa mengikuti vaksinasi COVID - 19 selama kondisi badan stabil dan tidak ada kontraindikasi untuk vaksin.


Kekebalan tubuh bukan hanya antibodi saja, vaksin membantu mempersiapkan imunitas adaptif / spesifik
Kekebalan tubuh bukan hanya antibodi saja, vaksin membantu mempersiapkan imunitas adaptif / spesifik




Bagaimana cara kerja vaksin Covid - 19 ?
Bagaimana cara kerja vaksin Covid - 19 ? 

INFORMASI TERKINI

Pfizer dan BioNTech mengumumkan Senin (22/11/2021) bahwa vaksin Covid-19 mereka 100% manjur dalam mencegah infeksi pada anak berusia 12 hingga 15 tahun, diukur dari tujuh hari hingga empat bulan setelah pemberian dosis kedua vaksin


Tips membuat dan memakaikan masker ke anak agar rapat,  tidak mudah lepas ( longgar) , Jonadoctor Health and Business, Kesehatan dan Bisnis
Tips membuat dan memakaikan masker ke anak agar rapat, tidak mudah lepas ( longgar)

Perusahaan mengatakan data baru – analisis jangka panjang dari uji coba Fase 3 yang dilakukan pada 2.228 peserta – akan menjadi dasar aplikasi ke Food and Drug Administration untuk perpanjangan lisensi vaksin Covid-19 mereka untuk mencakup kaum muda di kelompok usia.

Analisis jangka panjang dari data uji coba Fase 3 menunjukkan tidak ada masalah keamanan yang serius selama periode tindak lanjut setidaknya enam bulan setelah dosis kedua vaksin.

Vaksin telah digunakan dalam kelompok usia ini sejak Mei, ketika FDA memperpanjang otorisasi penggunaan darurat untuk vaksin untuk mencakup anak berusia 12 hingga 15 tahun. Pada bulan Agustus, vaksin, yang dipasarkan perusahaan dengan nama Comirnaty, adalah yang pertama dari vaksin Covid yang menerima lisensi penuh untuk individu, berusia 16 tahun ke atas.

Perusahaan mengatakan mereka juga akan menggunakan data untuk mengejar persetujuan peraturan di negara lain di mana vaksin telah diberikan penggunaan darurat.

Data Fase 3 melihat 30 infeksi Covid – semuanya dalam kelompok plasebo. Khasiatnya konsisten di seluruh ras dan demografi etnis, jenis kelamin, dan status penyakit yang mendasarinya, termasuk obesitas, kata perusahaan tersebut.

BPOM Setujui Vaksin Covovax India untuk 18+, Efikasi 90 Persen ! Jonadoctor health and business kesehatan dan bisnis
BPOM Setujui Vaksin Covovax India untuk 18+, Efikasi 90 Persen !


C. Contoh penggunaan comfort di atas,tentunya dilakukan oleh tenaga medis dan paramedis yang sudah terlatih.  Hal tersebut dimaksudkan agar bila ada efek samping akibat tindakan injeksi dengan alat spuit tanpa jarum (walau resikonya minimal)  bisa segera mendapat penanganan yang benar sesuai prosedur di bidang kedokteran dan kesehatan.

 Tindakan penyuntikan anestesi (bius) secara lokal yang cukup sering dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan adalah ;



  • sirkumsisi (khitan) / sunat. 
  • dan berbagai macam prosedur bedah minor (operasi kecil). Anestesi lokal ini juga bisa dilakukan dengan alat Comfort In,agar agen anestesi (bius) nya lebih tersebar merata, lebih cepat kerjanya dan hampir tidak ada rasa sakit bagi pasien.


D. Di bidang kedokteran Pulmonolgi dan respirasi (kedokteran paru dan ilmu pernapasan) juga terdapat beberapa tindakan yang diawali dengan injeksi anestesi lokal secara subkutan. Tindakan tersebut antara lain :



  • Punksi pleura ; memasukkan jarum atau kateter ke rongga pleura yang bertujuan untuk pembuktian ada tidaknya cairan atau udara di rongga pleura.
  • Biopsi pleura ; untuk mengetahui adanya pleuritis TB atau pleuritis non TB
  • Water sealed drainage (WSD) ; pengaliran udara atau cairan secara cepat dan kontinyu dari rongga pleura yang diikuti atau tanpa diikuti pemasangan pipa/selang. Tindakan ini untuk  mengeluarkan udara dan atau cairan dari rongga pleura atau memasukkan obat ke dalam rongga pleura (Pleurodesis).


Beberapa tindakan bidang kedokteran Pulmonologi (paru) dan pernapasan di atas membutuhkan anestesi lokal secara subkutan. Selama ini anestesi dilakukan secara konvensional dengan alat injeksi dengan jarum. Namun seiring perkembangan waktu dan harapan hidup nyaman, maka pemakaian injeksi dengan jarum mulai ditinggalkan karena pasien akan merasa cukup kesakitan atas tindakan anestesi lokal secara subkutan di area dada. Hal ini disebabkan karena Reseptor nyeri pada permukaan pleura parietal dan diafragma berasal dari nervus interkostal (Saraf di sela tulang iga dada). Iritasi pada daerah tersebut menyebabkan rasa nyeri pada dinding dada yang berdekatan. Bagian sentral (tengah) diafragma disyarafi oleh nervus frenikus, dan nyeri pada daerah ini sering dirasakan pada bahu sisi yang sama (ipsilateral). Oleh karena itu alat injektor tanpa jarum Comfort in juga bisa digunakan untuk melakukan injeksi anestesi lokal di daerah dada secara nyaman dan "hampir" tanpa rasa sakit.


E. Namun,mengingat ada beberapa penyakit kronis yang memerlukan tindakan injeksi secara rutin,bisa setiap hari atau dua sampai tiga kali sehari,maka pasien atau keluarga awam bisa dilatih untuk terampil mengoperasikan Spuit tanpa jarum Comfort In. Berikut beberapa Obat suntik yang bisa diberikan secara mandiri oleh pasien atau keluarga awam. 
  • - Insulin untuk penderita Kencing manis (DM)
  • - Growth Hormone (HGH) untuk anak anak dan beberapa orang Dewasa.
  • - Interferon untuk Cancer
  • -  monoklonal antibodi untuk Rheumatoid Arthritis 
  • - Pengobatan Stroke
  • - Obat Kardiovaskular


Needle Free Injector is ready to be used for injection of liquid medicine, for example Insulin for sufferers of Diabetes mellitus in the stomach muscles.
Contoh pemakaian Injektor bebas jarum di Kulit perut

Namun, tidak mudah mendapatkan comfort in di sembarang toko alat kesehatan,karena terbatasnya distributor resmi alkes tersebut di Indonesia. Bila anda memang berminat mencoba dan memanfaatkan keunggulan Comfort in, Jonadoctor, Kesehatan dan bisnis sebagai mediator iklan bisnis dan jual beli alat kesehatan akan membantu pemesanan dan pembelian comfort in. Jonadoctor, Kesehatan dan bisnis sudah lama menjadi mitra kerja dan partner beberapa distibutor alkes dalam memudahkan jangkauan ke Peminat alkes. 

Comfort In model terbaru 2018 jonadoctor
Comfort In model terbaru 2018


BACA JUGA : Besarnya Manfaat Alat Kesehatan, menentukan keberhasilan pelayanan   kesehatan. *Review dari Jonadoctor , Kesehatan & Bisnis .

Unit injektor comfort in dan bahan habis pakai jonadoctor
Unit injektor comfort in dan bahan habis pakai

Segera saja anda hubungi Jonadoctor, Kesehatan dan Bisnis di WA di bawah ( banner berwarna Hijau )  atau di alamat email; jonadoctorspot@gmail.com untuk informasi lebih lanjut mengenai Produk alat kesehatan Injektor Tanpa Jarum Comfort In dengan fasilitas ;


-harga yang bersahabat dan terjangkau (Relatif Murah)
-Sistem Garansi alat yang bisa dipercaya
- Membeli comfort in melalui kami sudah termasuk membayar pajak PPN 10 % ke Dirjen Pajak.

Faktur pajak PPN 10 %



- Ada panduan menggunakan alat yang lengkap,komunikatif dan mudah dipahami sehingga terhindar dari resiko salah pemakaian alat kesehatan.



Berikut Video yang menunjukkan tindakan injeksi ( suntikan ) obat anestesi lokal ( untuk mati rasa ) dengan Lidocaine pada Tungkai bawah secara subkutan dengan alat Needle Free Injector/syringe merk dagang Comfort-in, di bawah ini alamat link video nya ,silahkan klik untuk mengunjungi alamat web videonya.



https://m.youtube.com/watch?v=oW-rtEjAR8c

- Ada panduan secara komunikatif melalui media sosial dengan Bagian teknik dan keilmuan Jonadoctor , kesehatan dan Bisnis oleh ;

1. dokter Staf Fungsional Klinik Kesehatan.
2. Bidan swasta dan Bidan pendidik.




contoh panduan pemakaian injektor bebas jarum jonadoctor , salah satunya untuk anestesi sunat / khitan
Contoh panduan pemakaian injektor bebas jarum, salah satunya untuk anestesi sunat / khitan

-Kualitas terjamin produksi Asli dari korea selatan, Bekerja sama dengan distributor utama. Comfort In , produksi dari Korea Selatan (Mika Medical) dan tersertifikasi resmi CE ( Comformitte Europenne )


jonadoctor sedia unit baru injeksi tanpa jarum comfort in grosir eceran
Contoh paket Produk injektor bebas jarum kondisi baru 2
Contoh nosel comfort in jonadoctor IKB
Contoh nosel comfort in

Contoh Adaptor vial tipe T comfort In jonadoctor IKB
Contoh Adaptor vial tipe T comfort In


TERBARU!!, 


jonadoctor,IJIN EDAR KEMENKES RI, ALAT SUNTIK TANPA JARUM MERK COMFORT IN
IJIN EDAR KEMENKES RI, ALAT SUNTIK TANPA JARUM MERK COMFORT IN



TERBARU, "HARGA_PROMO" Mulai bulan MEI 2019, HARGA PAKET ALAT SUNTIK TANPA JARUM COMFORT IN /FREE NEEDLE INJECTOR TURUN HAMPIR 20 % DARI HARGA NORMAL SEBELUMNYA dan merupakan merk dagang alat suntik tanpa jarum dan komponen ( nosel/nozzle ) yang pertama di Indonesia yang memiliki Ijin edar Kementrian kesehatan RI AKL 20902818911 )

INJEKTOR TANPA JARUM (SPUIT/ALAT SUNTIK TANPA JARUM, FREE NEEDLE JET INJECTOR) MERK DAGANG COMFORT IN MEMILIKI BANYAK KEUNGGULAN DARIPADA INJECTOR LAIN YANG BELUM TER SERTIFIKASI, BELUM ADA HASIL UJI PENELITIAN YANG DIAKUI SECARA RESMI, DAN BELUM TERBUKTI KEAMANANNYA. 

SALAH SATU CONTOH INJEKTOR TANPA JARUM YANG BELUM TER SERTIFIKASI BAHKAN DI ANGGAP TIRUAN DARI COMFORT IN ADALAH : THESERA STABILIZER

BERIKUT PERBANDINGAN ANTARA COMFORT IN DENGAN THESERA STABILIZER



COMFORT IN BANDING THESERA STABILIZER 1 jonadoctor
COMFORT IN BANDING THESERA STABILIZER 1

COMFORT IN BANDING THESERA STABILIZER 2 jonadoctor
COMFORT IN BANDING THESERA STABILIZER 2

Jonadoctor IKB menyediakan pemesanan nosel/nozzle cap comfort in
"Jonadoctor IKB menyediakan pemesanan nosel/nozzle cap comfort in"
Saat ini, nosel (nozzle) cap baik flat atau tipe curve bisa anda dapatkan dengan membeli dan atau memesan di Jonadoctor informasi Kesehatan dan Bisnis dengan harga bersahabat relatif murah daripada di pasaran dan kualitas terjamin asli dari produsen korea selatan. 

Selain itu juga bisa anda pesan alat kesehatan ; RYPs stapler, Alisklamp, adaptor comfort in tipe Vial dan tipe T yang berkualitas asli, harga bersahabat relatif murah dibanding pasaran juga.



Needle Free Injector is ready to be used for injection of liquid medicine, for example Insulin for sufferers of Diabetes mellitus in the stomach muscles and for anesthesia of circumsision
Injektor comfort in siap disuntikkan, utamanya untuk anestesi sebelum sunat / khitan
Nosel (Nozzel) comfort in model terbaru 2018

zone doctor jonadoctor health business The latest condition of nozzle to store the liquid of the medicine to be injected with Comfort in syringes without needles
Nosel kondisi terbaru untuk menampung cairan obat yang akan di suntik kan dengan Comfort in alat suntik tanpa jarum

zone doctor jondoctor health business Specifications of Nozzle's latest condition to collect liquid medicine to be injected with Comfort in syringes without needles
Spesifikasi Nosel kondisi terbaru untuk menampung cairan obat yang akan di suntik kan dengan Comfort in alat suntik tanpa jarum


Tambahan ; Informasi dari pemakai injektor comfort in, bahwasanya nozzel (nosel) comfort in, bisa dipakai untuk injektor merk dagang lain yang cara kerjanya mungkin mirip Comfort In. Sehingga , apabila anda pemakai injector merk dagang lain tersebut membutuhkan nosel karena situasi darurat untuk penyuntikan namun belum disediakan distributornya, bisa memakai nosel (nozzle) comfort in.  Meskipun demikian,alangkah tetap jauh lebih baik, bila anda memakai sparepart/komponen injector / alat suntik tanpa jarum  yang merk dagang nya sama - sama original.


reset box comfort in jonadoctor
reset box comfort in 1
reset box comfort in jonadoctor 2
Reset box comfort in 2

Saat ini, juga bisa anda dapatkan alat pendukung injektor bebas jarum Comfort-in, yaitu Reset box ( Kotak reset). 

Kotak reset (Reset box) Comfort-in dapat digunakan sebagai pengganti tuas tekanan (Pressure leveler) untuk mereset injector Comfort-in saat menyiapkan injektor  untuk proses injeksi. Kotak reset adalah alternatif untuk tuas tekanan dan dapat digunakan di lingkungan klinik atau rumah. Hal ini sangat berguna bagi pengguna usia lanjut, mereka yang memiliki kekuatan tangan yang kurang, atau orang dengan "sindrom terowongan karpal" (carpal tunnel syndrome). Cara Pemakaian, injector bebas jarum Comfort-in dimasukkan ke dalam kotak reset Comfort-in. Selanjutnya, Anda cukup menutup kotaknya, dan mekanisme di dalamnya yang terjadi ;mendorong planger (plunger) injektor bebas jarum Comfort-in ke posisi yang terisi (terkokang), sehingga siap untuk diinjeksikan.


Saat ini Jonadoctor Informasi Kesehatan dan Bisnis sebagai Media Iklan Bisnis dan penyedia Informasi Kesehatan, bisa membantu pemesanan anda dalam jual beli komponen habis pakai Alat Injeksi tanpa jarum  Comfort In antara lain ; (nosel/ampul dan adaptor vial)  dengan diskon yang menarik sesuai ketentuan. Segera saja SILAHKAN KONTAK / hubungi kami : Anda bisa menghubungi kami di dua nomor WA berikut ini :


1. Ny.A.sekar.T, SST ( Paramedis )



2.Tn.Is.Dar, MD ( Medis / Telemedicine dan Bisnis )

Atau di email: jonadoctorspot@gmail.com


Atau dengan mengirim pesan melalui Chat ;

KLIK UNTUK CHAT TELEGRAM

https://t.me/Jonadoctor_Health_Business )

ATAU KLIK IKON TELEGRAM DI POJOK KANAN BAWAH WEBLOG INI )


BERIKUT DAFTAR TESTIMONI PEMBELI ALAT INJEKSI TANPA JARUM BESERTA NOSEL DAN VIAL ADAPTOR  

A. SECARA ONINE  (Dana pembelian di bayarkan secara transfer) DARI LUAR  
NEGERI - NEGARA MALAYSIA, KAMI KIRIM DENGAN EKSPEDISI INTERNASIONAL


Bukti Pengiriman Paket  Luar Negeri ( Malaysia ) jonadoctor informasi kesehatan dan bisnis
Bukti Pengiriman Ke Luar Negeri ( Malaysia )


Proses Pengiriman Paket  Luar Negeri ( Malaysia ) jonadoctor informasi kesehatan dan bisnis
Proses Pengiriman Paket  Luar Negeri ( Malaysia )



B. Secara ONLINE (Dana pembelian di bayarkan secara transfer) DARI DALAM NEGERI ( DOMESTIK )

TESTIMONI dari Pembeli Alat Kesehatan melalui Jonadoctor, Kesehatan dan Bisnis 
Jonadoctor health business zone doctor History of purchase of medical equipment injectors (Noozle of Comfort In Needle Free Injector ) by paramedics at a Clinic

Jonadoctor health business zone doctor History of purchase of medical equipment injectors (Noozle of Comfort In Needle Free Injector ) by paramedics at a Clinic
Riwayat pembelian alat suntik medis (Nosel, Comfort In Needle Free Injector) oleh paramedis di Klinik







Testimoni pembeli injector comfort in



Testimoni pembeli injektor bebas jarum comfort in
    Testimoni pembeli injector comfort in online
    Testimoni pembeli Injector secara online
Testimoni pembeli injektor bebas jarum comfort in jonadoctor
Testimoni pembeli nosel comfort in




  • C.   Secara COD (Cash On Delivery / Membeli di tempat di Kantor jonadoctor health and business ,Klaten,eks Surakarta / Solo , Jawa Tengah, Indonesia )


  • Testimoni pembeli injector comfort in tunai di tempat (COD)


    Sumber :

    - web farmasetika
    - web katadata
    burhan,e.2021. webinar vaksin covid - 19 dalam rangka Hut pdpi dan hari paru sedunia ( word lung day ) 
    - web klikparu
    - web merdeka
    - web who
    - web suara
    - web nsmedicaldevices, web theconversation, web team-consulting
    - Web dinkes.jogjaprov, web farmasetika
    - Aditama,TY. 2020. Covid-19 dalam tulisan Prof.Tjandra. Balitbangkes Kemenkes RI.
    - web detikhealth
    - web med unhas
    - comfort in free needle spuit Injector product’s presentation, xspec technology, ltd
    - injex free needle spuit Injector product’s presentation, xspec technology,ltd
    - Rasmin,M, dkk.2001. Prosedur tindakan bidang paru dan pernapasan ; diagnostik dan terapi. Jakarta : Bagian Pulmonologi FK UI
    -web injectneedlefree
    - web visisejahteramedika
    - web covid19
    - web wartaekonomi &beritabisnis Apps
    - WA group of barat3KoordinasiVaksin
    - Octariana, IA, Jean Val.2021. "Vaksin COVID-19 Sinovac  Disetujui untuk Penggunaan Dalam Kondisi Darurat (EUA)".Docquity apps.


    "Kami adalah manusia biasa yang tidak luput dari kealpaan,namun kami juga manusia Yang selalu berusaha belajar menerapkan kebaikan. Dengan Demikian,kami berharap kritik dan saran positif secara baik terhadap konten tulisan kami,walaupun kami selalu berusaha maksimal mencari sumber yang paling benar dan memantau perkembangan sumber ilmunya. Semoga Allah meridhoi Usaha kami dan Rekan pembaca dalam berbagi ilmu kebenaran demi Kemaslahatan Dunia Untuk Akhirat,serta dihindarkan dari tindakan pencemaran Nama baik, diskriminasi suku,agama,ras, Antar golongan, pelanggaran hukum negara dan agama, Pelanggaran Hak cipta. Terima Kasih", Salam sehat lahir batin & Sukses. Jonadoctor 2008 - 2022 ( contact us @ mail ;  jonadoctorspot@gmail.com )

    Related Posts by Categories



    Widget by Hoctro | Jack Book

    5 comments:

    hidayatraffa mengatakan...

    harganya brp dan isi paketnya ap sj? trims y

    jonadoctor mengatakan...

    untuk isi paket..dapat dus box,buku panduan,1 unit injektor comfort in..1 pressure lever (tuas pengokang),8-10 nosel, 1 adaptor vial, 1 tas kecil..dan bisa konsultasi dengan admin Ahli kami di bidang injeksi (background medis paramedis ) via WA..untuk lebih detail bisa anda hubungi admin kami di 0822 1415 4699 atau WA 0856 4738 0368 .trimakash dan salam sehat & sukses

    jonadoctor mengatakan...

    Baik Sdr.Hidayat raffa ; terima kasih banyak atensinya..Mohon untuk bisa menghubungi rekan admin di WA 085647306435 atau WA 085647380368 untuk.informasi lebih lengkap mengenai alkes nya..Salam sehat lahir batin dan sukses selalu..

    " Jonadoctor Health & Business " / " Zonedoct " mengatakan...

    Mohon maaf rekan rekan netizen..nomor kontak admin Jonadoctor Informasi Kesehatan dan Bisnis dikarenakan suatu hal yang tidak bisa dihindari,berubah menjadi WA di 081215600642
    atau 085647306435.. Terima kasih

    " Jonadoctor Health & Business " / " Zonedoct " mengatakan...

    Mohon maaf sdr.Hidayat Raffa dan rekan netizen dimana pun anda berada dan berbahagia..

    Saat ini kami, In Sya Alloh bisa dihubungi di email ; jonadoctorspot@gmail.com

    lalu nomor WA ; https://api.whatsapp.com/send?phone=6288224109670&text=Halo_Admin

    atau

    https://api.whatsapp.com/send?phone=6282323022006&text=Halo_Admin

    Salam sehat lahir batin,semoga pandemi covid 19 segera menurun trend penularan nya,mari kita tetap menjalankan protokol cegah covid 19 ( 3M maupun 5M ), mendukung PKPM mikro dan vaksinasi dan memohon Ridho Alloh Tuhan Yang Maha Esa, Aamiiiin Ya Mujibas Sailin.

    Posting Komentar

    Translate This Page !


    English French German Spain Italian Dutch


    Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
    - blog.ahmadrifai.

    SILAHKAN KONTAK / HUBUNGI KAMI / TELEMEDICINE / KONSULTASI DOKTER ONLINE !

    Anda bisa menghubungi kami di dua nomor WA berikut ini :

    1. Ny.A.sekar.T, SST ( Paramedis/ KEBIDANAN dan BISNIS )



    2.Tn.Is.Dar, MD ( Medis / TELEMEDICINE / KONSULTASI DOKTER ONLINE )

    Atau di email: jonadoctorspot@gmail.com


    Atau dengan mengirim pesan melalui Chat ;

    KLIK UNTUK CHAT TELEGRAM

    (
    https://t.me/Jonadoctor_Health_Business )

    ATAU KLIK IKON TELEGRAM DI POJOK KANAN BAWAH WEBLOG INI.)

    Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

    Klub Bisnis Internet Berorientasi Action

    Very
    Important Report:



    14
    Kesalahan Fatal Bisnis Internet dan Cara Mendobraknya!


    Masukkan nama & email
    anda di bawah ini dan dapatkan Free Report kami, GRATIS!



    Nama
    Panggilan:


    Email:








    jonadoctor